2. Karakteristik Peserta Didik
Berdasarkan hasil
observasi, dan rapor pendidikan tahun 2024 ringkasan kualitas pendidikan satuan
pendidikan pada mutu hasil belajar peserta didik diketahui karakteristik
peserta didik SD Negeri 4 Petungsinarang dari kompetensi atau kemampuan literasi, numerai dan
indes karakter adalah:
a.
Kemampuan Literasi Sebagian
besar peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk literasi
membaca namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik menjadi
mahir.
b.
Kemampuan Numerasi, sebagian
besar peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk numerasi,
namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik menjadi mahir. Dengan
memaksimalkan proses pembelajaran yang lebih interaktis efektif dan menyenangkan sehingga siswa dapat
memahami dan menguasai kompetensi numerasi.
c.
Indeks Karakter, peserta
didik terbiasa menerapkan nilai-nilai karakter Pelajar Pancasila yang berakhlak
mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta
berkebinekaan global dalam kehidupan sehari hari.
Setiap anak adalah unik.
Mereka memiliki kemampuan
dan pengalaman belajar
yang tidak sama. Sebagian siswa memiliki potensi di
area akademik, namun tidak sedikit juga siswayang masih perlu dikembangkan
kemampuan sosial dan emosional mereka. Siswa memiliki potensi dan minat yang
berbeda. Sekolah memfasilitasi kebutuhan mereka dengan menyiapkan program pengembangan potensi dan minat mereka.
Dengan
demikian,
program yang dirancang memperhatikan empat ranah (sosial, emosional, intelektual, fisik) dengan
ranahspiritual sebagai payung
besar.
|
No |
Kelas |
Jenis Kelamin |
Jumlah |
Total |
|
1 |
Kelas 1 |
L |
15 |
24 |
|
P |
9 |
|||
|
2 |
Kelas 2 |
L |
11 |
25 |
|
P |
14 |
|||
|
3 |
Kelas 3 |
L |
7 |
23 |
|
P |
16 |
|||
|
4 |
Kelas 4 |
L |
11 |
17 |
|
P |
6 |
|||
|
5 |
Kelas 5 |
L |
8 |
14 |
|
P |
6 |
|||
|
6 |
Kelas 6 |
L |
14 |
29 |
|
P |
15 |
|||
|
JUMLAH |
L |
66 |
132 |
|
|
P |
66 |
|||
3. Karakteristik
Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)
Berdasar hasil observasi
dari data Dapodik dan kondisi nyata diketahui bahwa karakteristik GTK di SD
Negeri 4 Petungsinarang adalah :
a.
Seluruh guru di SD Negeri 4
Petungsinarang sudah berkualifikasi akademik minimal sarjana S1 / D4 berjumlah 9
orang yang
terdiri dari Guru PNS 5
orang, Guru PPPK 3
orang dan GTT 1 orang.
b.
Guru yang memiliki
sertifikat pendidik dari 9 guru baru 6 orang yang memiliki sertifikat pendidik.
c.
Guru yang mengajar sesuai
latar belakang pendidikan berjumlah 8 orang dari 9 orang guru.
d.
Memiliki tenaga kependidikan
dengan kualifikasi pendidikan SMA berjumlah 2 orang.
Berdasarkan rapor pendidikan 2024 secara umum
dinyatakan bahwa GTK pada SDN 4 Petungsinarang nilai uji kompetensi Guru
rata-rata nilai UKG sudah baik, dan pengalaman pelatihan masih tergolong
kategori sedang merintis dalam keikutsertaan guru dalam pelatihan.
Adapun karakteristik Tenaga pendidik dan tenaga kependikan secara rinci dapat di lihat pada tabel berikut :
|
NO |
NAMA/NIP |
GOL/ RUANG |
JABATAN GURU |
JABATAN |
TUGAS MENGAJAR |
|
1 |
NORMAN ALI TAUFIQ, S.Pd., M.Pd.I. NIP. 198111272006041015 |
III/d |
Pengatur Tk. I |
Kepala Sekolah |
- |
|
2 |
ISENEN, S.Pd.I. NIP. 197011132007011007 |
III/b |
Pengatur
Muda Tk. I |
Guru PAI |
I-VI |
|
3 |
ERNAWATI
HAMIDAH, S.Pd NIP. 199207312019032012 |
III/b |
Pengatur Muda Tk. I |
Guru Kelas |
I |
|
4 |
HERU
SUSANTO, S.Pd. SD NIP. 198703312020121006 |
III/a |
Pengatur Muda |
Guru Kelas |
V |
|
5 |
AMIRULLAH
AMIN, S.Pd. NIP. 199002192020121009 |
III/a |
Pengatur Muda |
Guru Kelas |
VI |
|
6 |
DWI
MAI KUSUMAWATI, S. Pd. NIP. 199405082022212001 |
IX |
Pengatur Muda |
Guru Kelas |
II |
|
7 |
LULUK
ARDINA AYUNINGTYAS, S. Pd. NIP. 199804102022212003 |
IX |
Pengatur Muda |
Guru Kelas |
IV |
|
8 |
WIYANTO,
S. Pd. NIP. 198012182024211002 |
IX |
Pengatur Muda |
Guru PJOK |
I-VI |
|
9 |
ANIS
YULIANTI, S. Pd NIP. - |
- |
GTT |
Guru Kelas |
IV |
4. Karakteristik Sosial dan Budaya
Berdasarkan hasil observasi
dan hasil rapor pendidikan tahun 2024
diketahui secar umum karekteristik sosial dan budaya pada SD Negeri 4
Petungsinarang adalah :
Satuan pendidikan memiliki
lingkungan sekolah yang aman, terlihat dari kesejahteraan psikologis yang baik
dan rendahnya kasus perundungan,
hukuman fisik, kekerasan seksual, dan
penyalahgunaan narkoba. Satuan pendidikan dapat mempertahankan kualitas warga
sekolah dalam mencegah dan menangani kasus untuk menciptakan iklim keamanan di
lingkungan sekolah.
Satuan pendidikan membudayakan
kesetaraan gender secara aktif mensosialisasikan dan menyuarakan dukungan
akan pentingnya mewujudkan kesetaraan hak-hak sipil antar kelompok gender
dengan dasar prinsip keadilan.
Satuan pendidikan yang Berbhineka
mulai mengembangkan suasana proses pembelajaran yang menjunjung tinggi toleransi
agama/kepercayaan dan budaya, mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas;
mendukung kesetaraan agama/kepercayaan, budaya, dan gender; memperkuat
nasionalisme.
Satuan pendidikan dengan
Iklim Inklusivitas mulai mengembangkan suasana proses pembelajaran yang
menyediakan layanan yang ramah bagi peserta didik dengan disabilitas dan cerdas
berbakat istimewa.
5. Sarana dan Prasarana
Berdasarkan hasil observasi
data sarana dan prasana SD Negeri 4 Petungsinarang diketahui bahwa :
Sarana yang dimilik oleh SD
Negeri 4 Petungsinarang cukup memadai dalam mendukung proses pembelajaran di
sekolah. Hal ini terlihat dengan sarana kelas dengan tersedianya papan tulis,
meja, kursi dan media pembelajaran/bahan ajar yang mencukupi dengan jumlah
siswa. Sarana penunjang lain yang berbasis TIK SD Negeri 4 Petungsinarang juga
sudah tersedia LCD Projektor, PC, laptop dan tersedia jaringan wifi dan telah
memiliki croom book untuk kegiatan ANBK.
Prasarana yang dimiliki SD
Negeri 4 Petungsinarang terdiri dari 1 ruang
guru, 1 ruang kepala sekolah, 6 ruang kelas, 1 ruang perpustakaan,1 musholla, halaman sekolah sekaligus sebagai lapangan
upacara, dan tanaman dalam pot. Seluruh sarana tersebut dalam kondisi yang
cukup baik dan layak untuk digunakan walaupun ada beberapa prasarana yang
mengalami rusak ringan dan sedang.
0 Response to "PROFIL SDN 4 PETUNGSINARANG 2025"
Posting Komentar