PROFIL SDN 4 PETUNGSINARANG 2025

 



2. Karakteristik Peserta Didik

Berdasarkan hasil observasi, dan rapor pendidikan tahun 2024 ringkasan kualitas pendidikan satuan pendidikan pada mutu hasil belajar peserta didik diketahui karakteristik peserta didik SD Negeri 4 Petungsinarang dari kompetensi atau kemampuan literasi, numerai dan indes karakter adalah:

a.      Kemampuan Literasi Sebagian besar peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk literasi membaca namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik menjadi mahir. 

b.      Kemampuan Numerasi, sebagian besar peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk numerasi, namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik menjadi mahir. Dengan memaksimalkan proses pembelajaran yang lebih interaktis efektif dan menyenangkan sehingga siswa dapat memahami dan menguasai kompetensi numerasi. 

c.      Indeks Karakter, peserta didik terbiasa menerapkan nilai-nilai karakter Pelajar Pancasila yang berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta berkebinekaan global dalam kehidupan sehari hari.

Setiap anak adalah unik. Mereka memiliki kemampuan dan pengalaman belajar yang tidak sama. Sebagian siswa memiliki potensi di area akademik, namun tidak sedikit juga siswayang masih perlu dikembangkan kemampuan sosial dan emosional mereka. Siswa memiliki potensi dan minat yang berbeda. Sekolah memfasilitasi kebutuhan mereka dengan menyiapkan program pengembangan potensi dan minat mereka. Dengan demikian, program yang dirancang memperhatikan empat ranah (sosial, emosional, intelektual, fisik) dengan ranahspiritual sebagai payung besar.

No

Kelas

Jenis Kelamin

Jumlah

Total

 

1

 

Kelas 1

L

15

 

24

P

9

 

2

 

Kelas 2

L

11

 

25

P

14

 

3

 

Kelas 3

L

7

 

23

P

16

 

4

 

Kelas 4

L

11

 

17

P

6

 

5

 

Kelas 5

L

8

 

14

P

6

 

6

 

Kelas 6

L

14

 

29

P

15

 

JUMLAH

L

66

 

132

P

66

 

3.  Karakteristik Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)

Berdasar hasil observasi dari data Dapodik dan kondisi nyata diketahui bahwa karakteristik GTK di SD Negeri 4 Petungsinarang adalah :

a.      Seluruh guru di SD Negeri 4 Petungsinarang sudah berkualifikasi akademik minimal sarjana S1 / D4 berjumlah 9 orang yang terdiri dari Guru PNS 5 orang, Guru PPPK 3 orang dan GTT 1 orang.

b.      Guru yang memiliki sertifikat pendidik dari 9 guru baru 6 orang yang memiliki sertifikat pendidik.

c.      Guru yang mengajar sesuai latar belakang pendidikan berjumlah 8 orang dari 9 orang guru.

d.      Memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi pendidikan SMA berjumlah 2 orang. 

Berdasarkan rapor pendidikan 2024 secara umum dinyatakan bahwa GTK pada SDN 4 Petungsinarang nilai uji kompetensi Guru rata-rata nilai UKG sudah baik, dan pengalaman pelatihan masih tergolong kategori sedang merintis dalam keikutsertaan guru dalam pelatihan.

Adapun karakteristik Tenaga pendidik dan tenaga kependikan secara rinci dapat di lihat pada tabel berikut :

NO

NAMA/NIP

GOL/ RUANG

JABATAN GURU

 

JABATAN

TUGAS MENGAJAR

1

NORMAN ALI TAUFIQ, S.Pd., M.Pd.I.

NIP. 198111272006041015

 

III/d

Pengatur Tk. I

Kepala Sekolah

-

2

 

ISENEN, S.Pd.I.

NIP. 197011132007011007

III/b

Pengatur Muda Tk. I

Guru PAI

I-VI

3

ERNAWATI HAMIDAH, S.Pd

NIP. 199207312019032012

III/b

Pengatur Muda Tk. I

Guru Kelas

I

4

HERU SUSANTO, S.Pd. SD

NIP. 198703312020121006

III/a

Pengatur Muda

Guru Kelas

V

5

AMIRULLAH AMIN, S.Pd.

NIP. 199002192020121009

III/a

Pengatur Muda

Guru Kelas

VI

6

DWI MAI KUSUMAWATI, S. Pd.

NIP. 199405082022212001

IX

Pengatur Muda

Guru Kelas

II

7

LULUK ARDINA AYUNINGTYAS, S. Pd.

NIP. 199804102022212003

IX

Pengatur Muda

Guru Kelas

IV

8

WIYANTO, S. Pd.

NIP. 198012182024211002

IX

Pengatur Muda

Guru PJOK

I-VI

9

ANIS YULIANTI, S. Pd

NIP. -

-

GTT

Guru Kelas

IV

 

4. Karakteristik Sosial dan Budaya 

Berdasarkan hasil observasi dan hasil rapor pendidikan tahun  2024 diketahui secar umum karekteristik sosial dan budaya pada SD Negeri 4 Petungsinarang adalah :

Satuan pendidikan memiliki lingkungan sekolah yang aman, terlihat dari kesejahteraan psikologis yang baik dan rendahnya kasus perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, dan penyalahgunaan narkoba. Satuan pendidikan dapat mempertahankan kualitas warga sekolah dalam mencegah dan menangani kasus untuk menciptakan iklim keamanan di lingkungan sekolah.

Satuan pendidikan membudayakan kesetaraan gender secara aktif mensosialisasikan dan menyuarakan dukungan akan pentingnya mewujudkan kesetaraan hak-hak sipil antar kelompok gender dengan dasar prinsip keadilan.

Satuan pendidikan yang Berbhineka mulai mengembangkan suasana proses pembelajaran yang menjunjung tinggi toleransi agama/kepercayaan dan budaya, mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas; mendukung kesetaraan agama/kepercayaan, budaya, dan gender; memperkuat nasionalisme.

Satuan pendidikan dengan Iklim Inklusivitas mulai mengembangkan suasana proses pembelajaran yang menyediakan layanan yang ramah bagi peserta didik dengan disabilitas dan cerdas berbakat istimewa.

 

5. Sarana dan Prasarana

Berdasarkan hasil observasi data sarana dan prasana SD Negeri 4 Petungsinarang diketahui bahwa :

Sarana yang dimilik oleh SD Negeri 4 Petungsinarang cukup memadai dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Hal ini terlihat dengan sarana kelas dengan tersedianya papan tulis, meja, kursi dan media pembelajaran/bahan ajar yang mencukupi dengan jumlah siswa. Sarana penunjang lain yang berbasis TIK SD Negeri 4 Petungsinarang juga sudah tersedia LCD Projektor, PC, laptop dan tersedia jaringan wifi dan telah memiliki croom book untuk kegiatan ANBK.

Prasarana yang dimiliki SD Negeri 4 Petungsinarang  terdiri dari 1 ruang guru, 1 ruang kepala sekolah, 6 ruang kelas, 1 ruang perpustakaan,1 musholla,  halaman sekolah sekaligus sebagai lapangan upacara, dan tanaman dalam pot. Seluruh sarana tersebut dalam kondisi yang cukup baik dan layak untuk digunakan walaupun ada beberapa prasarana yang mengalami rusak ringan dan sedang.

 









0 Response to "PROFIL SDN 4 PETUNGSINARANG 2025"

Posting Komentar